Headlines Kito :
Home » » Museum Adityawarman: Tempat Wisata Sejarah Di Kota Padang

Museum Adityawarman: Tempat Wisata Sejarah Di Kota Padang

Diposting Dek kontributor Pado Hari Jumat, 11 Januari 2013 | 09.06


Jika sedang mengunjungi Padang, Sumbar, datanglah ke Museum Adityawarman. Di tempat inilah Anda bisa mengenal tentang seluk beluk budaya Minangkabau hingga kehidupan masyarakat Minang dari dekat. Wisata edukasi yang seru!

Ada banyak baju adat, replika makanan, dan segala jenis hal-hal kebudayaan masyarakat Minang di Museum Adityawarman. Museum ini terletak di Jl Diponegoro No 10, Padang, Sumatera Barat. Dari luar, museum ini berbentuk rumah gadang yang berukuran raksasa.

Museum ini pun telah mencapai umur 35 tahun, tepatnya museum ini diresmikan pada tahun 1977. Meski sudah berumur, museum ini tetap berdiri gagah dan membuat siapapun tertarik untuk mengunjunginya. Museum ini buka setiap hari dengan harga tiket Rp 3.000 saja.

Ada banyak pengetahuan yang bisa Anda dapatkan saat memasuki museumnya. Tidak jauh dari pintu masuk, terdapat baju pengantin tradisional dan replika-replika makanan berupa ukiran kayu yang disuguhkan saat acara-acara besar. Uniknya, makanan dari tiap kabupaten atau wilayah pun berbeda. Penasaran?

Beranjak lebih ke dalam, Anda dapat mengenal sistem kekerabatan masyarakat Minang. Dalam sistem kekerabatnnya, masyarakat Minang memegang sistem matrilineal, yang mana garis keluarga pihak ibu memegang peranan penting dalam keluarga. Anda bisa mempelajarinya dari informasi yang tertera di dinding-dinding bangunanya.

Berbagai macam alat musik tradisonal dan hiasan pakaian khas Minang berjejer dengan penuh rapi dan dibingkai kaca. Beberapa macam alat musiknya adalah gendang, rebana, pupuik (semacam suling), gengong, dan masih banyak lagi. Perhiasan seperti mahkota dan kalung-kalung untuk para wanita Minang pun sungguh cantik.

Di lantai dasarnya, ada berbagai jenis peninggalan-peninggalan raja-raja Minang di masa lalu. Ada Al Quran, mata uang, hingga berbagai macam peralatan sehari-hari. penjelasan di dindingnya pun sangat lengkap. Ada juga miniatur rumah gadang yang memiliki bentuk beraneka ragam.

Kunjungan ke museum ini akan memberikan banyak pelajaran dan wawasan Anda tentang kebudayaan khas Minang.



sumber
Bagikan di Social Media Dunsanak :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2012. Serba Minang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger