Headlines Kito :
Home » » Samba Uwok: Sambal Alternatif Sebagai Obat Patah Salero

Samba Uwok: Sambal Alternatif Sebagai Obat Patah Salero

Diposting Dek kontributor Pado Hari Senin, 31 Desember 2012 | 13.52


Sudahkah Dunsanak makan hari ini?, atau ada yang sedang kurang memiliki nafsu makan (patah salero)? Jika belum makan, atau memang sedang patah salero, maka samba uwok adalah salah satu laternatif sambal penmbangkit selera makan. Jika tidak percaya, silakan coba.

Apa itu Samba Uwok dan bagaimana cara membuatnya
Samba Uwok adalah istilah bagi sambal yang pada awalnya memang dimasak dengan cara dikukus (di-uwok-kan) di atas nasi. Bahan-bahannya sederhana yaitu cabe merah atau cabe hijau. Cabe yang belum sempurna matang/lado mangka justru akan menambah sensasi pedas. Bumbunya garam, bawang merah. Sebagai lauknya biasanya diberi teri. Jika tidak ada lauk, diganti dengan kentang, jengkol atau petai juga tidak kalah nikmatnya.

Cara membuatnya juga lebih sederhana. Sesuai namanya, sambal ini hanya di-uwok-kan/ dikukus di atas nasi. Cabe yang sudah digiling dicampur dengan ikan teri, irisan bawang dan garam. Beri kuah dengan air nasi yang diambil saat nasi manggalagak. Untuk mendapatkan air nasi, tentunya memasak nasi memang dilebihkan airnya. Selanjutnya kukus sambal di dalam nasi. Ketika nasi matang, maka sambal ini juga sudah matang. Sebagian orang biasanya menambahkan isi tulang sebagai ganti lauknya. Jika tidak ada air nasi, bisa diganti dengan air minum dan bisa dimasak dengan cara direbus seperti biasa.

Samba Uwok Kariang/ Samba Lado Tungkuh
Bagi yang tidak ingin makan dengan kuah, samba uwok juga bisa dibuat tanpa pakai kuah. Bahan dan cara membuatnya hampir sama dengan cara di atas. Bedanya, memasakknya tidak pakai kuah. Agar semakin menambah kenikmatannya, memasaknya dibungkus dengan daun, lalu di-uwok-kan di atas nasi. Di sebagian daerah sambal ini disebut dengan Samba Lado Tungkuh karena memasakknya memang saat mengukusnya dalam kondisi dibungkus (ditungkuh) dengan daun.

Jenis Lain
Ada jenis lain dari samba uwok, yaitu samba lado uwok. Sesuai namanya, sambal ini juga dimasak dengan di-uwok-kan. Bedanya dengan samba uwok yang disebutkan sebelumnya, sambal ini cabe dan bawangnya yang di-uwok-kan. Setelah itu baru digiling halus dan dicampur dengan ikan teri yang sudah direndang/ disangrai terlebih dahulu.

Apapun jenis samba uwok, jika dimakan dengan pucuk ubi rebus atau uwok pucuk ubi akan semakin menambah nikmatnya makan. Selamat menikmati.
Bagikan di Social Media Dunsanak :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2012. Serba Minang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger