Headlines Kito :
Home » » Kawa Daun: Cara Lain Menikmati Kopi

Kawa Daun: Cara Lain Menikmati Kopi

Diposting Dek kontributor Pado Hari Kamis, 27 Desember 2012 | 15.15


Pernahkah Dunsanak meminum kawa daun. Atau di antara kita baru mendengar istilah kawa daun. Di Melalui postingan kali ini, akan disampaikan terkait kawa daun ini.

Apa itu kawa daun?
Kawa daun adalah istilah untuk minuman yang berbahan dasar daun kopi. Daun kopi disangai (disangrai) di atas berwarna api sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu rebus sampai mendidih. Air rebusan ini disaring dan siap disajikan. Berbeda dengan kopi bubuk yang terkadang meninggalkan sisa bubuknya di dalam cangkir/gelas, keistimewaan kawa daun adalah tidak meninggalkan sisa serbuk kopi di gelas. Karena meminumnya seperti meminum teh yang disaring. Keistimewaan lain meminum kawa daun dibanding kopi bubuk adalah kandungan kafeinnya yang rendah sehingga tidak mengakibatkan insomnia.
Jika tidak sempat membuat atau mungkin tidak menemukan daun kopi yang akan dibuat, Dunsanak bisa mencoba menikmatinya di kedai kawa daun yang banyak tersebar di sekitar kaki merapi, seperti di Kabupaten Tanah Datar.

Khasiat daun kopi
Ternyata minum kawa daun bukan hanya sekedar mencari kenikmatan lain dari kopi. Tapi, minuman ini juga mempunyai banyak khasiat. Jika dicampur dengan telur dan madu, maka ia berkhasiat untuk menambah stamina. Jika dicampur dengan jahe, maka dapat menghangatkan tubuh dan melancarkan saluran pernafasan. Di samping itu, minuman ini tidak
Namun ada manfaat lain dari daun kopi ini, yaitu menurunkan hipertensi. Caranya mencuci dan merebus sekitar 20 helai daun kopi yang masih muda hingga mendidih, aduk perlahan hingga air rebusannya berubah warna menjadi kemerahan. Campurkan dengan gula pasir atau gula batu dan minum selagi masih hangat. Bisa juga dengan cara memakan langsung 10 helai daun kopi.
Selamat mencoba!
Bagikan di Social Media Dunsanak :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2012. Serba Minang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger